Pelatihan Metode Cepat Menghafal al-Qur'an Dengan Otak Kanan

Jumat, Juli 13, 20126komentar

Menghafal al-Qur'an adalah gizhaur ruhi (asupan spiriritual) bagi setiap muslim dan muslimah. Namun tidak banyak yang menyadari hal ini. Hampir sebagian besar mereka yang menyadari justru terbentur dengan kendala ketika menghafalkannya. Susah dan banyak kesibukan. Akibatnya, aktifitas mulia ini terabaikan begitu saja. Sungguh sangat disayangkan sekali. Padahal jelas-jelas Allah telah berjanji bahwa menghafal al-Qur'an itu mudah. Ia tidak boleh dianggap sulit dan dipersulit hanya karena kita tidak berusaha dan mencari cara yang mudah, tepat dan sesuai dengan kemampuan kita.


Allah berfirman:

ولقد يسرنا القرآن للذكر فهل من مدكر

Artinya: "Dan sungguh, telah Kami mudahkan untuk peringatan maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran." (Qs al-Qomar: 17, 22, 32 dan 40)

Dalam ayat di atas Allah mengulang-ulang janji-Nya bahwa kegiatan menghafal al-Qur'an itu mudah, sebagaimana mudahnya apapun yang sulit, dengan syarat dilakukan dengan sungguh dan menggunakan cara-cara yang memudahkan.

Dan untuk itulah Alhamdulillah, kini telah hadir sebuah Metode Cepat Menghafal al-Qur'an. Menghafal dengan otak kanan yang merupakan ruang untuk menyimpan semua ayat-ayat al-Qur'an dalam waktu yang lama.

Metode Cepat ini setidaknya menggunakan segenap panca indera utama langsung ketika seseorang melakukannya. Nah, dengan melibatkan segenap panca indera langsung ini -yang merupakan organ tubuh yang sangat penting dari Allah pada manusia- proses menghafal al-Qur'an akan menjadi mudah, cepat dalam hitungan menit dan jam, Insya Allah tidak mudah hilang dan lupa. Dengan syarat tetap melakukan muroja'ah (review / mengulang-ulang) secara kontinyu.

Secara umum, organ tubuh yang ikut 'menghafal' ini adalah sebagai berikut:

  1. Otak. Berguna untuk memahami ayat
  2. Mata. Berfungsi untuk menangkap visual / imajinasi ayat.
  3. Telinga. Mendengar bacaan ayat-ayat yang hendak dihafal
  4. Mulut atau pengucapan. Dan tentu saja ini hal yang sangat penting. Karena tanpa suara seseorang tidak mungkin bisa menikmati bacaan ayat-ayat al-Qur'an yang indah. Bibir akan melantunkan ayat-ayat secara bertahap dan tertata dari audio sehingga orang yang belum pandai membaca dan belum bagus bacaannya sekalipun bisa menikmatinya.
  5. Tangan. Bertujuan mengisyaratkan gambaran visual setiap ayat yang dihafal.
  6. Seluruh tubuh. Bertujuan melenturkan gerak tubuh dengan ayat-ayat yang dihafal  
Dan keenam panca indera ini kemudian mengintegrasikan muatan ayat yang dihafal dengan alam semesta. Di sinilah fungsi dan peran al-Qur'an dalam mewarnai kehidupan seorang penghafal.

Demikianlah gambaran anggota tubuh / panca indera yang digunakan metode cepat ini. Dan hampir sebagian besar para peserta yang pernah mengikuti ini mengakui bahwa mereka merasa termudahkan dan terbantu dalam menghafal, membaca dan memahami ayat-ayat yang dihafalnya. Subhanallaah.
Sungguh, kemudahan yang telah Allah berikan pada metode ini.
Untuk itu bagi para pembaca dan pengunjung blog ini yang penasaran dan berminat mengikuti Pelatihan Cepat Menghafal ini dipersilahkan.


Syaratnya:
  • Berminat belajar dengan serius dan sungguh-sungguh.
  • Peserta minimal 3 orang dan maksimal 10 orang (untuk paket keluarga). Maksimal 300 orang dan minimal 50 orang (untuk paket pelatihan besar).
  • Mau menghafal al-Qur'an secara kontinyu.
  • Bagi peserta yang berdomilisi di daerah bisa menjadi penyelenggara (event organizer) dengan ketentuan: Menyediakan tempat pelatihan, siap menanggung akomodasi dan transportasi untuk instruktur serta konsumsi dan kebutuhan lainnya selama berada di daerah pelatihan.

Anda tertarik? Silahkan hubungi Admin website ini (Ust. Hidayatullah al-Hafizh)  di 081286874123 


Berikut Dokumentasi pelatihan di beberapa tempat yang sudah terlaksana:

Pelatihan Menghafal di Ps. Minggu Jakarta Selatan

Pengajaran Metode menghafal di Sekolah Dasar
Pelatihan Umum di Malang, Jawa Timur

Pelatihan Umum di Malang

Pelatihan Umum di Wonogiri, Jawa Tengah

Share this article :

+ komentar + 6 komentar

16 Desember 2011 20.15

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Subhanallah, Syukron jazakallah khoiron katsiron, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang cepat menghafal Al-Qur'an, Alhamdulillah metode ini sangat bermanfaat untuk semua pembaca lainnya yang sangat membutuhkan, salam ukhuwah wahai sauadaraku.

Anonim
26 Juli 2012 02.38

trimakasih ya infonya,oya buat yg mau belajar menjadi master komputer kunjungi website http://www.asianbrilliant.com murah banget dan lengkap lho. dan juga buat yg butuh buku buku dahsyat dan bermanfaat kunjungi toko buku ririe zahra di facebook

Anonim
26 Juli 2012 02.40

trimakasih ya infonya,oya buat yg mau belajar menjadi master komputer kunjungi website http://www.asianbrilliant.com murah banget dan lengkap lho. dan juga buat yg butuh buku buku dahsyat dan bermanfaat kunjungi toko buku ririe zahra di facebook

27 Maret 2013 05.38

wowoowow SUBHANALLAH INI KEREN adn bikinn banyak ilmu dan mudahan ini semua BERMANFAAT !!!!

23 Juli 2013 20.08

alhamdulillah, terima kasih atas infonya,mohon ijin copy paste artikelnya.

Poskan Komentar

Silahkan kommentar anda, jangan sungkan-sungkan

 
LBBQSOHIBULQURAN| Sohibul Qur'an - All Rights Reserved
Supported : LBBQSOHIBULQURAN.ORG | Creating Website | Johny dan Mas Themes